Sabtu, 20 Oktober 2018

Komunikasi dan sosial media


Ilmu Komunikasi
# Kemampuan Komunikasi #





Menu Ilmu Komunikasi
     Konsep dan Lingkup Komunikasi
                 Pengertian dan Definisi
                 Fungsi dan Tujuan Komunikasi
                 Proses Komunikasi
                 Model Komunikasi
                 Media Komunikasi dan Komunikasi Massa

Konsep Komunikasi
adalah inti semua hubungan   sosial.
 Manusia sbg makhluk individu maupun makhluk sosial, memiliki dorongan ingin tahu, ingin maju dan berkembang, salah satu sarananya adalah komunikasi.
 Berbicara itu mudah, tetapi komunikasi yg baik belum tentu demikian. Berbicara belum menjamin apa yg dibicarakan dpt sampai kpd yg akan diharapkan.
Konsep Komunikasi…
 Terkadang komunikasi yg berlangsung tdk tercapai pd sasaran apa yg dikomunikasikan.
 Banyak rintangan dlm berkomunikasi, baik yg bersifat fisik, individual, bahasa sampai pd perbedaan arti.
 Perlu adanya komunikasi yg baik antara pemberi pesan (komunikator) dan penerima pesan (komunikan) dgn bahasa yg baik pula, shg tercipta situasi komunikasi yg serasi, saling pengertian dan memahami.
Konsep Komunikasi
 Contoh Gender Misscommunication :
Cape’ deh..???...




Menu Ilmu Komunikasi
 Konsep dan Lingkup Komunikasi
  Pengertian dan Definisi
 Fungsi dan Tujuan Komunikasi
 Proses Komunikasi
  Model Komunikasi
 Media Komunikasi dan Komunikasi Massa
Pengertian dan Definisi Komunikasi
 James A.F. Stoner
 Komunikasi adalah proses dimana seseorang berusaha memberikan pengertian dgn cara pemindahan pesan.
 John R. Schemerhorn cs.
  Komunikasi diartikan sbg proses antar pribadi dlm mengirim dan menerima simbol2 ygberarti bagi kepentingan mereka. 
Pengertian dan Definisi Komunikasi …
 William F. Glueck 
Komunikasi dibagi menjadi 2 bagian:
 1. Interpersonal Communications  Komunikasi antar pribadi, yakni   pertukaran informasi serta pemindahan   pengertian antara 2 orang/lebih dlm   suatu kelompok.
Pengertian dan Definisi Komunikasi …
 2. Organizational Communications  Pembicara scr sistematis memberikan   informasi dan memindahkan   pengertian kpd orang banyak   (organisasi / lembaga).
 Istilah komunikasi dlm bhs inggris communication , berasal dr kata communicatio atau dr kata communis , yg berarti sama / sama maknanya / pengertian bersama, dgn maksud utk mengubah pikiran, sikap, prilaku penerima (komunikan) dan melaksanakan apa yg diinginkan oleh komunikator.
  Scr garis besar, komunikasi adalah penyampaian informasi dan pengertian dari seseorang kepada orang lain.



Menu Ilmu Komunikasi
 Konsep dan Lingkup Komunikasi           
  Pengertian dan Definisi            
 Fungsi dan Tujuan Komunikasi               
 Proses Komunikasi      
 Model Komunikasi      
 Media Komunikasi dan Komunikasi Massa
Fungsi Komunikasi
1)Informasi  pengumpulan, penyimpanan, pemrosesan, penyebaran berita, data, gambar, fakta dan pesan opini dan komentar yg dibutuhkan agar dpt dimengerti dan beraksi scr jelas akan kondisi lingkungan dan orang lain agar dpt mengambil keputusan yg tepat.
2)Sosialisasi (pemasyarakatan)  penyediaan sumber ilmu pengetahuan   agar bersikap dan bertindak sbg anggota masyarakat yg efektif, shg sadar akan fungsi sosialnya dan dpt aktif di masyarakat
3) Motivasi  Menjelaskan tujuan tiap masyarakat jangka pendek maupun jangka panjang, mendorong utk menentukan pilihan dan keinginan, mendorong kegiatan individu dan kelompok berdasar tujuan bersama.
4) Perdebatan dan diskusi  Saling bertukar fakta dalam menyelesaikan perbedaan pendapat.
5) Pendidikan  Pengalihan ilmu pengetahuan dlm mendorong intelektual, pembentuk watak dan pendidikan ketrampilan dan kemahiran pd semua bidang.   
6) Memajukan kebudayaan  penyebaran hasil budaya dan seni dlm melestarikan warisan masa lalu, membangun imajinasi, kreativitas dan estetika.
7) Hiburan  Penyebarluasan suara, simbol dan image dr drama, tari, kesenian, kesusasteraan, musik, olah raga, dll; utk rekreasi, kesenangan kelompok dan individu.
8) Integrasi  Penyampian pesan bagi bangsa, kelompok atau individu agar saling kenal, mengerti dan menghargai kondisi, pandangan dan keinginan orang lain.

                Tujuan Komunikasi
 Agar pesan yg disampaikan dpt dimengerti
 Untuk memahami orang lain
  Agar gagasan kita dpt diterima orang lain
  Menggerakkan orang lain untuk melakukan sesuatu (kegiatan) 

Menu Ilmu Komunikasi
 Konsep dan Lingkup Komunikasi           
 Pengertian dan Definisi             
 Fungsi dan Tujuan Komunikasi               
 Proses Komunikasi      
 Model Komunikasi      
 Media Komunikasi dan Komunikasi Massa

Proses Komunikasi
 Proses terjadinya komunikasi, mencakup dlm beberapa unsur
: 1) Source (sumber)      
  2) Communicator (komunikator = penyampai pesan)    
  3) Message (pesan)
  4) Channel (saluran)     
  5) Communican (komunikan = penerima pesan)               6) Effect (hasil)
Proses Komunikasi…
1. Source (sumber)
– Sumber adalah dasar yg digunakan dlm penyampaian pesan, dlm rangka memperkuat pesan itu sendiri.
– Sumber: orang, lembaga, buku, dll.
2. Communicator (komunikator)
– Komunikator dpt berupa individu yg berbicara, menulis, kelompok orang, organisasi komunikasi spt surat kabar, radio, televisi, film, dsb.
– Terkadang komunikator berganti sbg komunikan, dan sebaliknya.
Proses Komunikasi :
 2. komunikator
 Syarat2 komunikator:         
 1. Memiliki kredibilitas yg tinggi bagi komunikasinya.                           
 2. Keterampilan komunikasi      
 3. Memiliki pengetahuan yg luas             
 4. Sikap                              
 5. Memiliki daya tarik dlm melakukan perubahan sikap/penambahan pengetahuan bagi/pd diri komunikan.

Proses Komunikasi :  
2. komunikator…
 Berbagai model gaya komunikator dlm melakukan aksi berkomunikasi:
a) Komunikator yg membangun
b) Komunikator yg mengendalikan          
c) Komunikator yg melepaskan diri          
d) Komunikator yg menarik diri 
Proses Komunikasi : 
2. komunikator…
 a)Komunikator yg membangun, berciri2:
 Mau mendengarkan pendapat orang lain dan tdk menganggap dirinya benar.                  
 Ingin bekerjasama shg timbul saling pengertian.            
 Tidak terlalu mendominir situasi dan mau mengadakan komunikasi timbal balik.             
 Dia menganggap bhw buah pikiran org banyak lebih baik dr seseorang.

Proses Komunikasi : 
2. komunikator…
b) Komunikator yg mengendalikan, berciri2:
 Menganggap pendapatnya yg paling baik shg ia tdk mau mendengar pandangan yg lain.                                                                 Ia menginginkan komunikasi satu arah, tidak menerima dr arah lain.     
 Biasanya dlm gaya kepemimpinan termasuk dlm gaya yg otokrasi / gaya instruksi.

Proses Komunikasi : 
2. komunikator…
c) Komunikator yg melepaskan diri, berciri2:
 Lebih banyak menerima dari lawanya berkomunikasi.                 
 Terkadang rasa rendah diri timbul shg ketidakmampuannya keluar.      
 Lebih suka mendengar pendapat orang lain dgn tdk bersungguh2 menanggapinya.       
 Sumbangan pikirannya tdk banyak mengandung arti shg ia lebih suka melempar tanggungjawabnya pd orang lain.

Proses Komunikasi : 
2. komunikator…             
 d) Komunikator yg menarik diri, berciri2:
 Bersifat pesimis, shg menurutnya keadaan tdk bisa diperbaiki lagi.                        
 Suka melihat keadaan seadanya, dan kalau mungkin berusaha menghindari keadaan yg bertambah buruk.         
  Ia selalu diam tdk menunjukkan reaksi dan jarang memberikan buah pikiran.

Proses Komunikasi : 
3. Message (pesan)
 Pesan adalah keseluruhan dr apa yg disampaikan komunikator.
  Pesan seharusnya mempunyai inti pesan (tema) sbg pengarah di dlm usaha mengubah sikap dan tingkah laku komunikan.
 Pesan dpt disampaikan scr panjang lebar, tp yg perlu diperhatikan dan diarahkan kpd tujuan akhir dr komunikasi.

Proses Komunikasi :
 3. Message (pesan)…
 Pesan dpt disampaikan secara:
 Lisan/face to face/langsung
 Menggunakan media/saluran 
 Bentuk pesan dpt bersifat: 1) Informatif 2) Persuasif 3) Coersif 

Proses Komunikasi :
 3. Message (pesan): Bentuk pesan
1. Informatif:    
 Memberikan keterangan2 yg kemudian komunikan dpt mengambil kesimpulan sendiri.
2. Persuasif:      
 Bujukan, yaitu membangkitkan pengertian & kesadaran seseorang, bhw apa yg disampaikan akan memberikan rupa/sikap shg ada perubahan.

Proses Komunikasi :
 3. Message (pesan): Bentuk pesan… 3. Coersif: 
  Memaksa dgn menggunakan sanksi-sanksi.                 
  Bentuk yg terkenal utk penyampaian ini adalah agitasi, dgn penekanan yg menimbulkan tekanan    batin dan ketakutan.         
  Coersif dpt berbentuk perintah, instruksi, dsb.

Proses Komunikasi : 
3. Message (pesan)…     
 Agar pesan mengena, harus memenuhi syarat2:            
 Pesan harus direncanakan (persiapkan) dgn baik, sesuai dgn kebutuhan kita.    
 Pesan dpt menggunakan bahasa yg dimengerti kedua belah pihak.        
 Pesan harus menarik minat, sbg kebutuhan pribadi penerima dan menimbulkan kepuasan
.
Proses Komunikasi : 
3. Message (pesan)…     
 Hambatan2 pesan:     
 a) Hambatan bahasa (language factor)                             
 b) Hambatan teknis (noise factor)           
c) Hambatan bola salju (snow ball effect)

Proses Komunikasi : 
3. Message (pesan): Hambatan
a) Hambatan bahasa (language factor)   
     Penggunaan bahasa yg tdk dimengerti komunikan dpt menyebabkan pesan akan disalah-artikan shg tdk tercapai apa yg diinginkan. (spt: istilah2)
 b) Hambatan teknis (noise factor)           
     Pesan tidak utuh diterima komunikan krn gangguan teknis, spt: speaker rusak, kebisingan, dll. (biasanya komunikasi yg menggunakan media)

Proses Komunikasi :
  3. Message (pesan): Hambatan
 c) Hambatan bola salju (snow ball effect)            
     Pesan makin membesar, menyimpang jauh dari tujuan semula sesuai selera komunikankomunikator, hal ini disebabkan:      
 Daya mampu manusia menerima dan menghayati pesan terbatas.        
  Pengaruh kepribadian dari yg bersangkutan.

Proses Komunikasi :
  4. Channel (Saluran)
 Saluran komunikasi selalu menyampaikan pesan yg dpt diterima melalui panca indera / melalui media.
  Pd dasarnya komunikasi dpt berlangsung menurut 2 channel/saluran:                                                                
1. Saluran formal (bersifat resmi)             
2. Saluran informal (bersifat tdk resmi)

Proses Komunikasi :
 4. Channel (Saluran): formal
1. Saluran formal (bersifat resmi)
 – Biasanya mengikuti garis wewenang dlm suatu organisasi (biasaya dr atas – bawah)
 – Komunikasi sebaiknya berlangsung dlm
2 jalur, yakni dr atas
 – ke bawah & dr bawah jg diperhatikan utk naik ke atas.
 – Ada jg komunikasi yg sifatnya mendatar (horisontal).
– Shg saluran dlm berkomunikasi dpt terjadi
3 arah: (3 dimensi)
 a. ke atas
 b. ke bawah
 c. ke samping.

Proses Komunikasi :
  4. Channel (Saluran): formal..
1. Saluran formal (bersifat resmi)             
– Berdasar pengalaman perintah & pengarahan dari atasan tdk banyak menimbulkan masalah.   
– Akan tetapi dr bawah menuju keatas sering menemui rintangan/bahkan macet ditengah jalan.
 – Biasanya komunikasi yg salurannya dr bawah dpt berbentuk:
 a. pertanyaan  
 b. pengaduan 
 c. keluhan

Proses Komunikasi :
  4. Channel (Saluran): informal
2. Saluran informal (bersifat resmi) – Dapat berbentuk:
 a. desas-desus 
b. kabar angin 
c. kabar burung
 – Desas-desus / kabar angin timbl krn orang ingin tahu sesuatu yg berhubungan erat dgn dirinya, kelompok, dll.
– Biasanya desas-desus merupakan saluran informasi bagi org utk menyatakan:
  Keingintahuannya
  Rasa takut
  Keprihatinan mereka

Proses Komunikasi :
 5. Communican (komunikan)
Komunikan / penerima pesan dpt digolongkan menjadi 3 jenis: persona, kelompok dan massa. Maka, dari segi sasarannya komunikasi terbagi:
  a) Komunikasi persona (orang seorang)
  b) Komunikasi kelompok           
  c) Komunikasi massa

Proses Komunikasi :
  5. Communican: Persona-kelompok
a) Komunikasi Persona                  
– Ditujukan pd sasaran yg tunggal: anjang sono, tukar pikiran, dsb.    
– Efektivitasnya paling tinggi, krn komunikasinya timbalbalik dan terkonsentrasi, hanya kurang efisien dibanding bentuk lain.
b) Komunikasi Kelompok             
– Ditujukan pd kelompok tertentu.         
 – Kelompok adalah suatu kumpulan manusia yg memiliki antar hubungan sosial yg nyata dan memperlihatkan struktur yg nyata pula.  
 – contoh : ceramah, briefing, penyuluhan, dsb.
– Lebih efektif dlm pembentukan sikap persona.

Proses Komunikasi :
 5. Communican: massa
 c) Komunikasi Massa    
– Ditujukan pd massa / menggunakan media massa.       
 – Sangat efisien, krn menjangkau daerah yg luas & pendengar yg praktis tak terbatas.                     
– Kurang efektif dlm pembentukan sikap persona, krn tdk dpt langsung diterima oleh massa ttp melalui opinion leader, yg menterjemahkan apa yg disampaikan dlm komunikasi massa kpd komunikan.

Proses Komunikasi :
 5. Communican (komunikan)
Syarat-syarat yg harus dimiliki komunikan:        
 a) Keterampilan/kemampuan menangkap dan meneruskan pesan.          
 b) Pengetahuan tertentu
 c) Sikap 

Proses Komunikasi :
  6. Effect (hasil)
Efect adalah hasil akhir dr suatu komunikasi, yaitu sikap dan tingkah laku orang atau tidak sesuai dgn yg kita inginkan.
 Jika sikap & tingkah laku orang lain itu sesuai, maka berarti komunikasi berhasil, demikian sebaliknya.
Efect dpt dilihat dari:
a) Personal opinion
b) Public opinion
c) Mayority opinion

Proses Komunikasi : 
6. Effect (hasil)…
a) Personal Opinion
  Pendapat pribadi        
  Sbg akibat / hasil yg diperoleh dr komunikasi.                
  Personal opinion adalah sikap dan pendapat seseorang thdp suatu masalah tertentu.
b) Public Opinion
  Pendapat umum         
  Pengertiannya adalah penilaian sosial mengenai sesuatu hal yg penting dan berarti, atas dasar pertukaran pikiran oleh individu scr sadar dan rasional.

Proses Komunikasi :
  6. Effect (hasil)…
c) Mayority Opinion
 Pendapat bagian terbesar dr public/masyarakat.
 Misal. Kampanye, dll.

Proses Komunikasi…
Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam proses komunikasi:
1. Tahapan Proses Komunikasi: 
 a) Fact Finding  Mencari dan mengumpulkan fakta dan data sebelum kegiatan komunikasi.          
 b) Planning  Direncanakan apa yg akan dikemukakan beserta caranya, berdasar fakta dan data yg didapat.            
 c) Communicating  Berkomunikasi berdasar susunan rencana yang dibuat.           
 d) Evaluation  Penilaian dan analisa hasil dari berkomunikasi utk dijadikan bahan perencanaan selanjutnya.

Proses Komunikasi
Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam proses komunikasi:
 2. Prosedur mencapai efek yang dikehendaki    
a) Attention (perhatian)               
b) Interest (rasa tertarik/kepentingan)  
c) Desire (keinginan)      
 d) Decision (keputusan)               e) Action (tindakan)
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Komunikasi Massa
• Hambatan-hambatan dlm komunikasi massa:  
1) Kebisingan    
2) Keadaan psikologis komunikan    
3) Kekurangan keterampilan komunikator/komunikan   
4) Kesalahan penilaian oleh komunikator    
5) Kurangnya pengetahuan kmunikator/komunikan        
6) Bahasa            
7) Isi pesan berlebihan      
8) Bersifat satu arah       
9) Faktor teknis               
10) Kepentingan /interest           
11) Prasangka     
12) Cara penyajian teralu verbalik, dsb.
13) Termasuk tingkat buta huruf yg tinggi, keadaan geografis, kondisi sosial budaya, tingkat pendidikan dan kemampuan ekonomi penduduk.
Q.U.E.S.T.I.O.N                                                       S.E.E. . .  Y.O.U. .

0 comments:

Posting Komentar